Jumat, 11 Februari 2011

THE BEATLES


Biografi The Beatles

Siapa yang tidak kenal The Beatles? sebuah Band pop Rock yang berasal dari Liverpool Inggris. Semua orang pasti mengenalnya lewat karya-karyanya yang mendunia. The beatles terdiri dari 5 personel diantara adalah john Lennon pada gitar ritem, Paul McCartney pada gitar bass dan vokal, george Harrisson pada gitar lead dan vokal dan Ringo Starr pada drum dan vokal. The beatles mampu membius dunia dengan cara berpakaian dan style mereka.

Beatles adalah salah satu band yang paling sukses dan termasuk dalam sejarah musik karena berhasil menjual 1 Miliar rekaman secara internasional pada tahun 1985. Majalah Rolling stone pada tahun 2004 menobatkan The Beatles sebagai 100 artist terbaik segala masa. Pengaruh The beatles masih terasa sampai saat ini.

Sebelum sukses di tahun 192, beatles sering berganti formasi. Drummer adalah formasi yang sering berganti. Drummer Quarrymen yang pertama adalah Colin Hanton yang meninggalkan band tahun 1959. Kemudian muncullah Stuart Sutcliffe yang menjadi pemain bass. Pada tahun-tahun itu, Beatles sering bermain di club. Nama grup mereka bukan Beatles. mereka lebih dikenal dengan nama Quarrymen. Mereka sempat juga berganti nama menjadi Johnny and the Moondogs dan Long John and The Beatles.

Pada tahun 1961 seseorang bernama Brian Epstein member saran untuk memanage tim. Lalu Beatles menandatangani kontrak lima tahun dengan Epstein pada Tahun 1962. Epstein lalu membentuk Perusahaan dengan nama NEMS Streprise. Lalu Epstein berusahaan Memasarkan Beatles kepada Emi. Saat itu mereka bertemu Norrie Paramor, Walter Ridley dan Norman Newell yang menolak The Beatles namun ada seorang producer EMI yang bernama George Martin yang sedang Berlibur. Akhirnya Epstein bertemu Martin yang akhirnya menandatangani Kontrak dengannya selama 1 tahun. Ternyata Martin memiliki masalah dengan Pete Best, Drummer. Martin menyarankan Epstein untuk mengganti Best. Secara pribadi Epstein memang tidak senang dengan kelakukan Epstein yang tidak bersedia menyamakan style rambut yang merupakan identitas The Beatles. Akhirnya Best digantikan oleh Richard Starkey yang dikenal dengan anama Ringo Starr. Akhirnya Album pertama Beatles dengan hit song nya Love Me Do berhasil masuk urutan nomor 17 pada tangga musik Di Inggris dan menduduki tangga music puncak di Amerika.

Di akhir Desember, beberapa radio di Amerika memutar lagu “I Want to Hold Your Hand”. Pada saat hari pemutaran, rekaman mulai digandakan di Newyork dan langsung tersedia di pasar. Hanya dalam waktu 10 hari rekaman The Beatles berhasil terjual 1 juta copy. Pada saat itu Epstein menangguhkan tawaran untuk meproduksi souvenir The Beatles . Kesempatan ini akhirnya diambil alih oleh Nicky Byrne yang secara eksklusif mengurus hak souvenir The Beatles. Hal ini menyebabkan pelanggaran pada kontrak dan meyebabkan Epstein kehilangan $100 juta untuk fee lisensi.

The Beatles Bubar pada tahun 1970 dan masing-masing personelnya mulai bersolo karir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar