Jumat, 11 Februari 2011

Markus Grosskopf (HELLOWEEN) : Biografi






















Markus Grosskopf (Bass , 1984 – Sekarang)

Tanggal Lahir : September 21, 1965
Tempat Lahir : Hamburg
Tinggi Badan : 192cm
Berat Badan : 85kg
Status : Menikah
Hal paling ditakuti : Sesuatu yang akan menghentikan hidup dalam bermusik dan sebagai seorang musisi.
Orang yang paling dihormati : Model muda cantik.
Filsafat Hidup : “Do unto others as you would have them do to you”.
Pengaruh musik :Deep Purple, Rainbow, Thin Lizzy, Kiss, UFO

Markus lahir di Hamburg, Jerman pada tanggal 21 September 1965. Saat berumur 15 tahun dia menghabiskan waktu selama beberapa minggu di sebuah tempat berlibur; di sana dia bertemu 2 orang rekannya yang bermain gitar dan drum di sebuah kelompok musik punk rock. Tidak lama kemudian mereka menjadi teman akrab yang selalu bersama. Karena band mereka memerlukan seorang pemain bass, Markus kemudian ditawari untuk mengisi posisi tersebut. Markus muda tidak ragu dan setuju: “Aku bisa bermain bass untuk tetap hidup, kawan”. Di sini lah Markus bermain bass untuk band pertamanya.

Mereka membawa peralatan (yang saat itu belum terlalu banyak) ke tempat berlibur tersebut dan mulai beraksi. Mereka membawakan lagu-lagu The Sex Pistols, The Ramones, Sid Vicious, XTC, The Sranglers dan sebagainya. Beberapa waktu kemudian ketika kemampuan bermusik mereka semakin bagus, mereka ditawari pentas untuk pertama kalinya di termpat itu. Namun setelah 2 tahun terus berlatih dan tidak ada tawaran untuk pentas lagi, Markus memutuskan keluar dari band untuk mencari pengalaman sendiri.

Hingga saat itu ia mulai berminat terhadap band-band rock n roll seperti AC/DC, Kiss, Ted Nugent, dan Iron Maiden. Tujuannya sekarang adalah menemukan sebuah band yang memainkan irama hard rock atau metal dengan kemungkinan dan kemampuan untuk dapat lebih sering tampil di depan umum. Markus bertemu dengan seseorang yang mengenal Kai Hansen, yang sedang mencari seorang pemain bass untuk band-nya “Second Hell”. Tidak lama kemudian Markus diundang untuk audisi dan ia diterima! Anggota Second Hell yang lain adalah Piet Sielck dan Ingo Schwichtenberg.

Dengan line-up ini mereka tampil di beberapa klub di Hamburg. Beberapa waktu kemudian Piet Sielck memutuskan keluar; setelah beberapa kali ganti nama, mereka akhirnya bubar. Lagi-lagi saatnya Markus untuk berkemas dan mencari band lain untuk mengejar karirnya.

Setelah lulus sekolah, Markus bekerja magang pada sebuah perusahaan daging. Hal tersebut merupakan alasan yang bagus untuk segera menemukan sebuah band yang menjanjikan. Ketika bergabung dengan band Blast Furnace, Markus bertemu seorang gitaris handal “Michael Weikath”, yang bergabung dengan Kai Hansen membentuk line-up baru bersama-sama dengan beberapa mantan personil band Michael sebelumnya “Powerfool”. Namun tak lama kemudian mereka memanggil Ingo dan Markus untuk mengganti bagian rhythm.

Terbentuklah formasi lengkap Helloween yang pertama!

Sepertinya tim ini kuat karena dapat bertahan lebih lama daripada sekedar beberapa minggu saja. Selain memiliki dua pemain gitar yang sekaligus penulis lagu yang kreatif, band ini juga memiliki bagian rhythm yang dahsyat.

Mulai saat itu kesempatan terbuka untuk Helloween. Hasil rekaman studio pertama mereka dirilis oleh Noise Records dalam kompilasi legendaris “Death Metal Sampler” (1983), disusul dengan mini album (EP) yang jauh lebih legendaris lagi, berjudul “Helloween” (terdiri dari 5 lagu), dan tentu saja “Walls of Jericho” (LP).

Dua karya besar berikutnya adalah “Keeper of the Seven Keys Part.1 dan Part.2″ dengan penyanyi bersuara tinggi Michael Kiske. Band ini melahirkan warna baru dalam kancah musik heavy metal. Band ini terus menaiki tangga lagu hingga meraih penghargaan emas di Jerman dan Asia.

Sejak itulah Markus merekam permainan bassnya untuk seluruh album dan menjalani tur keliling dunia bersama Helloween. Sudah hampir 25 tahun ini Markus bergabung dalam Helloween, menjadi salah satu personil utamanya.

Markus merekam album proyek solo pertamanya yang berjudul Shockmachine (1998). Ia juga bermain bass untuk aransemen baru “Salisbury” versi orkestra bersama Ken Hensleys dan John Lawtons (Uriah Heep), yang dipentaskan di “Hamburg Markthalle” dan dirilis dalam bentuk video pada tahun 2001.

Ia juga bermain bass untuk proyek album Tobias Sammet (vokalis edguy) yang berjudul “Avantasia: Metal Opera Part 1 & 2″. Kesibukan lain yang tengah ditekuninya kini di samping Helloween adalah band “Kickhunter”; ia bermain bass dan menjadi produser album pertamanya yang berjudul “Hearts and Bones” (2002).
Project terbaru markus bernama BassInvaders yang baru akan dirilis bulan Januari 2008 nanti.Disitu BassInvaders juga memainkan lagu “Eagle Fly Free”.

Discography Markus Grosskopf:

Helloween – Helloween (1985)
Helloween – Walls of Jericho (1985)
Helloween – Judas (1986)
Helloween – Future World (1987)
Helloween – Keeper of the Seven Keys part I (1987)
Helloween – Keeper of the Seven Keys part II (1988)
Helloween – Dr. Stein (1988)
Helloween – Live in the UK (1989)
Helloween – The Best, the Rest, the Rare (1991)
Helloween – Pink Bubbles Go Ape (1991)
Helloween – Kids of the Century (1991)
Doc Eisenhauer – Alles im Lack (1992)
Helloween – Number One (1992)
Helloween – Chameleon (1993)
Helloween – Step Out of Hell (1993)
Helloween – Master of the Rings (1994)
Helloween – Perfect Gentleman (1994)
Helloween – Where the Rain Grows (1994)
Doernberg, Ferdy – Just a Piano And a Handful of Dreams (1995)
Helloween – Power (1996)
Helloween – The Time of the Oath (1996)
Helloween – High Live (1996)
Helloween – High Live (video) (1996)
Helloween – Forever & One (Neverland) (Japanese) (1996)
Grapow, Roland – The Four Seasons of Life (1997)
Grapow, Roland – I Remember (1997)
Helloween – Better Than Raw (1998)
Shockmachine – Shockmachine (1999)
Catch the Rainbow – A Tribute to Rainbow (1999)
Helloween – Lay All Your Love on Me (1999)
Helloween – Metal Jukebox (1999)
Helloween – The Dark Ride (2000)
Avantasia – Avantasia (2000)
Avantasia – The Metal Opera (2001)
Avantasia – The Metal Opera pt. 2 (2002)
Stormwarrior – StormWarrior (2002)
Kickhunter – Hearts & Bones (2003)
Helloween – Rabbit Don’t Come Easy (2003)
Weinhold – From Heaven Through The World to Hell (2004)
Helloween – Mrs. God (2005)
Helloween – Mrs. God (digi) (2005)
Helloween – Keeper of the Seven Keys – The Legacy (2005)
Weinhold – Below the line (2006)
Helloween – Light the Universe (2006)
Helloween – Keeper of the Seven Keys – The Legacy World Tour 2005/2006 – Live in Sao Paulo (2007)
Helloween – Gambling with the Devil (2007)
Bassinvaders – Hellbassbeaters (2008)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar